Apa Itu Deviden Dan Capital Gain Pada Saham - CUAN MUDA


Saham adalah salah satu instrumen investasi paling banyak diminati, Mengacu pada data investor pasar modal indonesia naik singnifikan pada tahun 2022 lalu. Walaupun saham adalah jenis investasi yang memiliki resiko tinggi, Tapi banyak investor pemula yang masuk ke pasar saham. Entah karena coba-coba atau tergiur dengan keuntungan yang besar, membuat invetor pemula ini sangat besar jumlahnya dan kebanyakan investor dengan lulusan SMA. 

Nah setelah masuk ke pasar saham indonesia pastinnya kamu tidak asing dengan Deviden dan Capital Gain. Jika kamu investor pemula dan baru masuk ke pasar modal pasti kamu sering bertanya-tanya, apasih artinya. Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Deviden dan Capital Gain yang erat kaitanya dengan dunia investasi seperti saham.


1. Apa Itu Deviden Saham

Deviden Merupakan suatu bentuk pembagian hasil atau laba dari suatu usaha maupun bisnis pada perusahaan. Umumnya deviden akan dibagikan kepada para pemegang saham dari suatu perusahaan lewat rapat umum pemegang saham (RUPS). Contohnya ketika kamu membeli saham dari perusahaan A maka kamu juga berhak mendapatkan keuntungan Deviden Tersebut.

Deviden biasanya akan di bagikan setahun sekali atau dua kali tergantung dari rapat para pemegang sahamnya. Tapi tidak jarang juga suatu perusahaan tidak membagikan deviden sama sekali. Dan biasanya keuntungan perusahaan tersebut akan di gunakan untuk memperlebar cakupan usaha atau ekspansi bisnis.

Untuk mendapatkan Deviden kamu perlu mencari saham-saham yang sering membagikan deviden. Setelah itu kamu beli sahamnya dan tunggu sampai satu tahun, Maka kamu akan mendapatkan keuntungan atau Deviden dari emiten yang kamu beli tersebut.


Baca Juga : 10 Saham Rutin Membagikan Deviden Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang


2. Apa Itu Capital Gain Saham

Secara garis besar Capital Gain merupakan selisih harga beli dan jual suatu asset seperti saham dan asset investasi lainya. Pengertian lain dari Capital gain adalah kenaikan nilai jual asset dari harga beli sebelumnya. Jadi jika kamu membeli suatu saham di harga yang lebih rendah dan menjualnya di harga yang lebih tinggi maka selisih kenaikan harga tersebut yang dinamakan Capital gain. 

Untuk mendapatkan Capital gain dari saham biasanya bisa dilakukan dengan cara trading maupun investasi untuk jangka panjang. Untuk trading sendiri kamu bisa mencari saham-saham murah yang perpotensi naik beberapa hari kedepan. Setelah harga naik kamu bisa jual saham tersebut saat harga sudah mencapai titik atasnya.

Selain Trading kamu juga bisa mendapatkan Capital Gain lewat cara berinvestasi, Untuk cara ini sediki memakan waktu. Dan kamu harus bersabar, Soalnya investasi biasanya jangka panjang 1-5 tahun baru bisa di lihat hasilnya. Sama seperti trading saham bedanya kamu harus nunggu lama, Untuk menemukan saham yang cocok untuk diinvestasi sendiri juga agak rumit. Kamu perlu analisa mendalam tentang prospek bisnis kedepanya.

 

Kesimpulan

Deviden dan Capital gain merupakan satu kesatuan istilah yang ada pada dunia investasi. Dengan adanya deviden dan Capital gain investor bisa mendapatkan keuntungan dan memutarkanya pada jenis investasi maupun bisnis lainya. Nah itu tadi pembahasan mengenai apa itu deviden dan capital gain, Semoga bisa bermanfaat dan dapat memberikan tambahan ilmu seputar dunia investasi.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak